Kamis, 25 November 2010

jangan terlalu cepat mengambil keputusan

Zaman dahulu di negeri sakura, hidup seorang nenek dgn kuda putihnya yang bagus. Sangking bagusnya, Kaisar sampai menawarkan 1/32 dari harta kerajaanya untuk ditukar dengan kuda itu.
Suatu hari kuda putih itu hilang. Tetangga sekitar semua menghujat nenek tersebut, karena dianggap bodoh tidak mau menjualnya kepada Kaisar. “Lihat kamu sekarang mendapat sial. Kuda hilang !!” kata penduduk.
Nenek: Kalian terlalu cepat berkesimpulan. Kita belum tau ini berkah atau sebaliknya
Sebulan kemudian, kuda putihnya pulang dengan membawa ratusan ekor temennya.
Penduduk: Rupanya kuda kamu yg hilang membawa berkah (karena dia membawa temen2 nya ke rumah kamu, dan kamu bisa menjual mereka)
Nenek: Kalian terlalu cepat berkesimpulan. Kita belum tau ini berkah atau sebaliknya
Suatu hari, anak nenek tersebut pata kakinya terjatuh dari kuda, sewaktu melatih mereka untuk kemudian dijual ke pasar
Kembali penduduk setempat menghujat nenek tersebut. Kata mereka: kalau dulu kuda putihnya dijual tidak akan terjadi musibah ini
Nenek: Jangan terlalu cepat berkesimpulan, Kita belum tau ini berkah atau sebaliknya
Sebulan kemudian datang utusan dari Kaisar, dgn membawa pesan “Negara dalam keadaan perang, semua pemuda di desa ini harus ikut berperang, kecuali orang tua, wanita, anak-anak, dan yang cacat.
Penduduk: Bener kata kamu, kaki anakmu patah rupanya berkah, tidak usah ikut perang. Sementara kami terpaksa berpisah dengan anak-anak kami
Nenek: Kalian ini entah kapan baru sadar. Jangan terlalu cepat berkesimpulan. Kita belum tau ini berkah atau sebaliknya.
Yup.. bener. Seorang tokoh masyarakat dari negara Barat pernah berkata “Seseorang baru bisa dinilai baik atau jahat sesudah orang tersebut masuk peti mati”
Ambillah hikmah dari cerita diatas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar